ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI E – LEARNING BERBASIS WEB .
ABSTRACT
Selama ini semua proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah, masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar antara siswa dengan guru hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara siswa dengan guru di dalam kelas. Salah satu metode pengajaran yang sedang berkembang di masa sekarang adalah
e-learning
.
E-learning
dapat membantu para pengajar dalam mendistribusikan bahan ajar mereka tanpa harus berada di kelas dengan menggunakan internet, hal ini dapat memaksimalkan waktu pembelajaran di kelas yang terbatas. Dalam pembuatan
e-learning
ini menggunakan
PHP
yang digunakan untuk membuat halaman website
dan
MySQL
sebagai database tempat penyimpanan data. Hasil yang diperoleh dari
e-learning
ini
dapat diterapkan dan diimplementasikan guna membantu para guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah dalam mempermudah proses belajar mengajar
1. PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Di dunia pendidikan dan pelatihan
sekarang, banyak sekali praktik yang disebut E-Learning. Sampai saat ini
pemakaian kata E-Learning sering digunakan untuk menyatakan semua
kegiatan pendidikan yang menggunakan media komputer dan Internet. Banyak
pula terminologi lain yang mempunyai arti hampir sama dengan E-Learning,
diantaranya : Web-based training,
online learning, computer-based
training/ learning, distance learning, computer-aided instruction, dan
lainnya. Terminologi E-Learning sendiri dapat mengacu pada semua kegiatan
pelatihan yang menggunakan media elektronik atau teknologi informasi (Effendi & Zhuang, 2005)
E-learning adalah sarana pendidikan yang mencakup motivasi diri
sendiri, komunikasi, efisiensi dan teknologi. Karena ada keterbatasan dalam
interaksi sosial, siswa harus menjaga diri mereka tetap termotivasi. E-learning
efisien karena mengeliminasi jarak dan arus pulang-pergi. Jarak dieliminasi
karena isi dari E-learning didesain dengan media yang dapat diakses dari
terminal komputer yang memiliki peralatan yang sesuai dan sarana teknologi
lainnya yang dapat mengakses jaringan atau Internet. (Bloomsburg, 2006).
Permasalahan yang muncul di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah adalah tidak adanya sarana pendukung pembelajaran yang yang bisa
diakses kapan saja dan dimana saja oleh para murid sehingga menghambat proses
pembelajaran antara guru dan murid. Selama ini para guru dan murid melakukan
proses belajar mengajar cuma pada saat berlangsungnya jam sekolah dan setelah
itu tidak ada komunikasi lagi.
Di sisi lain Madrasah Tsanawiyah Alhidayah mempunyai fasilitas sarana prasarana di bidang teknologi informasi
sangat memadahi. Lab komputer sudah ada sejak tahun 2006, hal ini sangat memungkinkan sekali untuk pengembangan
proses belajar mengajar sehari-hari menggunakan internet, baik di sekolah
maupun saat para siswa berada di rumah. Melalui internet, guru dan siswa dapat
mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan pelajaran maupun pendidikan.
sangat mendukung sekali untuk diadakannya pembelajaran
e-learning berbasis internet.
1.2 Rumusan Masalah
Dari penjelasan
latar belakang diatas, maka dapat ditentukan masalah-masalah yang berhubungan pada Madrasah Tsanawiyah Alhidayah adalah Seberapa efektif perencanaan aplikasi E-Learning berbasis web pada Madrasah Tsanawiyah Alhidayah
?
1.3
Batasan
Masalah
Mengingat
permasalahan pada Madrasah
Tsanawiyah Alhidayah maka penulis memberi batasan-batasan untuk membahas
rumusan masalah yang ada. Batasan masalah tersebut antara lain :
a) Ruang lingkup penelitian
hanya dilakukan pada Analisa
Perancangan Aplikasi E-Learning berbasis web saja..
b) Pada pembuatan
Aplikasi E-learning diakses melalui internet.
c) Bahasa pemrograman yang
digunakan adalah PHP
dengan menggunakan XAMPP dan MySQL sebagai databasenya .
d) Aplikasi yang dibangun
merupakan aplikasi E-Learning
berbasiskan Web..
1.4
Tujuan
Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari skripsi ini adalah
:
a)
Tujuan dari
penulisan skripsi ini adalah untuk
memenuhi syarat kelulusan strata satu (S1) di fakultas Teknik Program Studi
Teknik Informatika Universitas Pamulang.
b)
Membuat
aplikasi E-learning yang berbasiskan website pada Madrasah Tsanawiyah Alhidayah.
c)
Mempermudah
pemberian informasi dari guru kepada murid.
d)
Membuat
media komunikasi online yang memungkinkan siswa dapat berinteraksi dengan guru
atau dengan siswa lainnya dalam hal pembahasan materi pelajaran.
1.5 Manfaat
Penelitian
1.
Manfaat bagi penulis
a.
Dengan adanya aplikasi E-Learning, diharapkan
dapat menutupi kelemahan yang ada pada sistem pembelajaran yang lama dan
diharapkan dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik
dengan guru.
2.
Manfaat bagi
siswa
a.
Meningkatkan
efektifitas dan efisiensi dalam proses belajar mengajar
b.
Mempermudah
para siswa untuk memperoleh materi pelajaran
3.
Manfaat bagi
sekolah
1.
Memudahkan
para guru untuk dapat mendistribusikan materi dalam proses pembelajaran,
sehingga proses belajar lebih efektif dan mutu pendidikan lebih meningkat
2.
Memudahan
pihak sekolah untum memberikan pengumuman kepada siswa.
Untuk Lebih Jelasnya silahkan lihat file nya disini
Untuk Listing program nya silahkan email ke saya imampamungkas10@gmail.com