Archive Pages Design$type=blogging

Jurnal Analisa dan Perancangan Aplikasi E-Learning

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI E – LEARNING BERBASIS WEB .

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI E – LEARNING BERBASIS WEB PADA MADRASAH IBTIDAIYAH ALHIDAYAH

ABSTRACT

Selama ini semua proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah, masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar antara siswa dengan guru hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara siswa dengan guru di dalam kelas. Salah satu metode pengajaran yang sedang berkembang di masa sekarang adalah e-learning . E-learning dapat membantu para pengajar dalam mendistribusikan bahan ajar mereka tanpa harus berada di kelas dengan menggunakan internet, hal ini dapat memaksimalkan waktu pembelajaran di kelas yang terbatas. Dalam pembuatan e-learning ini menggunakan PHP yang digunakan untuk membuat halaman website dan MySQL sebagai database tempat penyimpanan data. Hasil yang diperoleh dari e-learning ini dapat diterapkan dan diimplementasikan guna membantu para guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah dalam mempermudah proses belajar mengajar

1.       PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Masalah
Di dunia pendidikan dan pelatihan sekarang, banyak sekali praktik yang disebut E-Learning. Sampai saat ini pemakaian kata E-Learning sering digunakan untuk menyatakan semua kegiatan pendidikan yang menggunakan media komputer dan Internet. Banyak pula terminologi lain yang mempunyai arti hampir sama dengan E-Learning, diantaranya : Web-based training, online learning, computer-based training/ learning, distance learning, computer-aided instruction, dan lainnya. Terminologi E-Learning sendiri dapat mengacu pada semua kegiatan pelatihan yang menggunakan media elektronik atau teknologi informasi (Effendi & Zhuang, 2005)
E-learning adalah sarana pendidikan yang mencakup motivasi diri sendiri, komunikasi, efisiensi dan teknologi. Karena ada keterbatasan dalam interaksi sosial, siswa harus menjaga diri mereka tetap termotivasi. E-learning efisien karena mengeliminasi jarak dan arus pulang-pergi. Jarak dieliminasi karena isi dari E-learning didesain dengan media yang dapat diakses dari terminal komputer yang memiliki peralatan yang sesuai dan sarana teknologi lainnya yang dapat mengakses jaringan atau Internet.  (Bloomsburg, 2006).
Permasalahan yang muncul di Madrasah Tsanawiyah Alhidayah adalah tidak adanya sarana pendukung pembelajaran yang yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja oleh para murid sehingga menghambat proses pembelajaran antara guru dan murid. Selama ini para guru dan murid melakukan proses belajar mengajar cuma pada saat berlangsungnya jam sekolah dan setelah itu tidak ada komunikasi lagi.
Di sisi lain Madrasah Tsanawiyah Alhidayah mempunyai fasilitas sarana prasarana di bidang teknologi informasi sangat memadahi. Lab komputer sudah ada sejak tahun 2006, hal ini sangat memungkinkan sekali untuk pengembangan proses belajar mengajar sehari-hari menggunakan internet, baik di sekolah maupun saat para siswa berada di rumah. Melalui internet, guru dan siswa dapat mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan pelajaran maupun pendidikan. sangat mendukung sekali untuk diadakannya pembelajaran e-learning berbasis internet.
1.2  Rumusan Masalah
Dari penjelasan latar belakang diatas, maka dapat ditentukan masalah-masalah yang berhubungan pada Madrasah Tsanawiyah Alhidayah adalah Seberapa efektif perencanaan aplikasi E-Learning berbasis web pada Madrasah Tsanawiyah Alhidayah ?
1.3    Batasan Masalah
Mengingat permasalahan pada Madrasah Tsanawiyah Alhidayah maka penulis memberi batasan-batasan untuk membahas rumusan masalah yang ada. Batasan masalah tersebut antara lain :
a)       Ruang lingkup penelitian  hanya dilakukan  pada Analisa Perancangan Aplikasi E-Learning berbasis web saja..
b)       Pada  pembuatan Aplikasi  E-learning   diakses melalui internet.
c)       Bahasa  pemrograman  yang  digunakan  adalah  PHP  dengan menggunakan XAMPP dan MySQL sebagai databasenya .
d)       Aplikasi  yang  dibangun  merupakan  aplikasi E-Learning berbasiskan Web..

1.4    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari skripsi ini adalah :
a)       Tujuan dari penulisan skripsi ini  adalah untuk memenuhi syarat kelulusan strata satu (S1) di fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang.
b)       Membuat aplikasi E-learning yang berbasiskan website pada Madrasah Tsanawiyah Alhidayah.
c)       Mempermudah pemberian informasi dari guru kepada murid.

d)      Membuat media komunikasi online yang memungkinkan siswa dapat berinteraksi dengan guru atau dengan siswa lainnya dalam hal pembahasan materi pelajaran.
1.5  Manfaat Penelitian
1.         Manfaat bagi penulis
a.          Dengan adanya aplikasi E-Learning, diharapkan dapat menutupi kelemahan yang ada pada sistem pembelajaran yang lama dan diharapkan dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru.

2.                      Manfaat bagi siswa
a.       Meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses belajar mengajar
b.       Mempermudah para siswa untuk memperoleh materi pelajaran

3.                      Manfaat bagi sekolah
1.       Memudahkan para guru untuk dapat mendistribusikan materi dalam proses pembelajaran, sehingga proses belajar lebih efektif dan mutu pendidikan lebih meningkat
2.       Memudahan pihak sekolah untum memberikan pengumuman kepada siswa.

Untuk Lebih Jelasnya silahkan lihat file nya disini 


Untuk Listing program nya silahkan email ke saya imampamungkas10@gmail.com

COMMENTS

Name

Anime Blackberry blogger Hiburan & Internet HTML Naruto PHP Seo Slider Tehnologi Template Tips Tokyo Ghoul Website Wordpress
false
ltr
item
Just Share - Imam Adhe Pamungkas: Jurnal Analisa dan Perancangan Aplikasi E-Learning
Jurnal Analisa dan Perancangan Aplikasi E-Learning
ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI E – LEARNING BERBASIS WEB .
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJ_I0EnD3DjIqv4yCoDuIFBl5LcxLvPu-OEZPx73nQZm-RkNKYIvwvB217W3nC80JSP13L5FB7eseYpgsVuLJk3rdT8Xy_gpdCmHbJu8wRzbSKnNrLpAE7ZgCyRgVYbXmE4sycTSsbPuw/s1600/elearning.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJ_I0EnD3DjIqv4yCoDuIFBl5LcxLvPu-OEZPx73nQZm-RkNKYIvwvB217W3nC80JSP13L5FB7eseYpgsVuLJk3rdT8Xy_gpdCmHbJu8wRzbSKnNrLpAE7ZgCyRgVYbXmE4sycTSsbPuw/s72-c/elearning.png
Just Share - Imam Adhe Pamungkas
http://adhe-pamungkas.blogspot.com/2015/03/jurnal-analisa-dan-perancanga-aplikasi.html
http://adhe-pamungkas.blogspot.com/
http://adhe-pamungkas.blogspot.com/
http://adhe-pamungkas.blogspot.com/2015/03/jurnal-analisa-dan-perancanga-aplikasi.html
true
5846675672567295391
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago